6 Obat Sakit Tenggorokan Alami Yang Bisa Anda Coba!

Best Ozone Therapy in Bali

6 Obat Sakit Tenggorokan Alami Yang Bisa Anda Coba!

obat sakit tenggorokan alami yang perlu dicoba

Obat sakit tenggorokan alami adalah alternatif yang bisa Anda coba jika Anda enggan untuk mengonsumsi obat-obatan kimiawi yang mungkin akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan memanfaatkan bahan-bahan dasar di alam yang memiliki sifat anti-bakteri & anti-virus, Anda tidak perlu khawatir akan adanya efek samping atau alergi karena risikonya jauh lebih kecil.

Gejala sakit tenggorokan atau radang tenggorokan umumnya dimulai dengan munculnya rasa tidak nyaman di area leher, sakit saat menelan, atau terasa ada yang mengganjal hingga merasakan sensasi seperti adanya pasir di area kerongkongan anda. Bahkan tak jarang, rasa tidak nyaman ini juga termasuk dengan rasa panas & gatal yang sangat mengganggu.

Obat Sakit Tenggorokan Alami Yang Mudah Ditemukan

Sebagai pertolongan pertama atas rasa sakit atau nyeri tenggorokan, Anda dapat mencoba 5 obat sakit tenggorokan alami yang kami rekomendasikan di bawah ini:

Madu

Madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri adalah anti-bakteri dan anti-virus alami yang umum digunakan untuk sakit tenggorokan. Satu studi menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif dalam meredakan batuk malam hari daripada penekan batuk biasa. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Dilansir dari halaman Halodoc, madu ternyata diklaim efektif untuk meredakan rasa sakit yang menyerang area tenggorokan.

Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Berkumur dengan air garam juga dikenal untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Buatlah larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Ini harus dilakukan setiap tiga jam atau lebih agar dapat meredakan rasa sakit dengan efisien.

Teh Chamomile

Teh chamomile secara alami menenangkan. Ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti menenangkan sakit tenggorokan. Ini sering digunakan karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan zatnya.

Beberapa ulasan penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Peppermint

Peppermint dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan nafas. Semprotan minyak peppermint encer juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan.

Jangan pernah menggunakan minyak esensial tanpa mencampurnya dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun, minyak almond manis, atau minyak kelapa lunak. Untuk minyak peppermint, campurkan lima tetes minyak esensial dengan satu ons minyak pembawa pilihan Anda. Jangan pernah menelan minyak esensial.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel (ACV) memiliki banyak kegunaan antibakteri alami. Sejumlah penelitian menunjukkan efek antimikrobanya dalam memerangi infeksi. Karena sifatnya yang asam, dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Jika Anda merasakan sakit tenggorokan datang, cobalah encerkan 1 hingga 2 sendok makan ACV dalam satu cangkir air dan berkumurlah dengannya. Kemudian teguk sedikit campuran tersebut, dan ulangi seluruh proses satu hingga dua kali per jam. Pastikan untuk minum banyak air di antara sesi berkumur.

Ada banyak cara menggunakan ACV untuk mengobati sakit tenggorokan, tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan juga sensitivitas tubuh Anda terhadap cuka. Yang terbaik adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau praktisi kesehatan Anda.

Bawang putih

Salah satu obat sakit tenggorokan alami yang dapat anda temukan dengan mudah di rumah adalah bawang putih. Bawang ini juga memiliki sifat antibakteri alami. Ini mengandung allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan Anda juga merupakan cara untuk mendapatkan sifat antimikrobanya. Karena bawang putih memiliki banyak tindakan penyembuhan, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi irisan bawang putih tipis-tipis secara bertahap, meskipun Anda mungkin ingin menyikat gigi sesudahnya untuk melindungi gigi Anda dari enzim dan memperbaiki pernapasan Anda.

Obat Sakit Tenggorokan Alami Tak Mempan, Segera Ke Dokter

obat sakit tenggorokan alami dapat dijadikan alternatif

Saat mengonsumsi obat sakit tenggorokan alami ternyata tidak membantu memperbaiki kondisi Anda, sebaiknya Anda tidak menunggu lebih lama untuk mengunjungi dokter. Bisa saja sakit tenggorokan yang dialami merupakan komplikasi dari penyakit lain yang perlu untuk segera ditangani. Jika infeksi atau radang tenggorokan dikarenakan kualitas udara yang tercemar atau polusi, maka perawatan yang perlu dilakukan tentu akan berbeda dibandingkan infeksi atau radang tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri atau virus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright protected.You cannot copy content of this page

Ozone Therapy by Mr.Chai