4 Obat Alergi Gatal Alami Yang Wajib Anda Coba

Best Ozone Therapy in Bali

4 Obat Alergi Gatal Alami Yang Wajib Anda Coba

alergi gatal kulit

Munculnya alergi kulit seringkali sangat mengganggu hingga memaksa Anda untuk segera mencari obat alergi gatal. Alergi kulit terjadi ketika sistem kekebalan Anda bereaksi terhadap ancaman yang dirasakan yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh Anda. Gejala umum dari reaksi alergi kulit mungkin termasuk:

  • gatal
  • kemerahan
  • pembengkakan
  • benjolan terangkat
  • kulit mengelupas
  • kulit pecah-pecah (dari kulit kering)

Cara paling efektif untuk menghindari alergi kulit adalah dengan membatasi atau menghindari kontak dengan alergen alias zat yang dapat memicu reaksi alergi. Tetapi jika Anda benar-benar bersentuhan dengan alergen, ada pengobatan rumahan dengan bahan-bahan alami untuk mengatasi gejalanya.

Obat Alergi Gatal Alami Yang Dapat Ditemukan di Rumah

Ada sejumlah obat alergi gatal alami yang telah digunakan orang selama bertahun-tahun untuk meredakan gejala yang disebabkan oleh reaksi alergi pada kulit. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Havermut alias Oatmeal

Oatmeal memiliki berbagai sifat biologis aktif, termasuk komponen antioksidan dan anti-inflamasi. Ini semua dapat membantu meredakan gatal akibat reaksi alergi pada kulit.

sesendok oatmeal sebagai obat alergi gatal alami

Cara populer untuk menggunakan oatmeal untuk mengobati reaksi alergi kulit termasuk mandi oatmeal atau tapal. Keduanya membutuhkan oatmeal bubuk. Anda dapat membuat oatmeal bubuk dengan menggiling oatmeal yang dibeli di toko menjadi bubuk halus menggunakan blender, food processor, atau penggiling kopi.

Mandi oatmeal

  • Tambahkan 1 cangkir oatmeal bubuk ke dalam bak berisi air hangat.
  • Campur oatmeal secara menyeluruh ke dalam air mandi.
  • Masuk ke dalam bak mandi dan rendam tubuh Anda sepenuhnya.
  • Setelah 30 menit, bilas diri Anda dengan mandi air dingin dan lembut

Tidak suka mandi berendam? Anda dapat melakukan alternatif berikut:

  • Ambil 2 – 3 pompa sabun cair anti-iritasi favorit Anda, kemudian campurkan dengan 1 cangkir oatmeal
  • Aduk hingga rata dan sabun cair Anda akan berbentuk seperti scrub
  • Oleskan secara merata ke seluruh kulit
  • Setelah 30 menit, bilas dengan bersih.

Bubuk soda kue

Obat alergi gatal kulit selanjutnya mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Soda kue dapat mengatasi ketidakseimbangan pH kulit dan bekerja sebagai anti-inflamasi untuk menenangkan alergi kulit Anda.

  • Campur bersama 4 sdm. soda kue dan 12 sdm minyak kelapa hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta tersebut ke area yang gatal.
  • Setelah 10 menit, bilas area dengan lembut dengan air dingin.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pilihan populer untuk melembutkan kulit, mengurangi kekeringan dan pengelupasan dan gatal-gatal pada kulit. Minyak kelapa mengurangi peradangan dan mendukung penyembuhan kulit.

minyak kelapa sebagai obat alergi gatal alami

Asam lemak rantai menengah atau lebih umum dikenal sebagai MCT dalam minyak kelapa adalah bahan utama, yang menembus kulit dan membantu melembabkan dan merawat kondisi kulit. Minyak ini dapat digunakan secara langsung atau dicampur dengan minyak zaitun dalam jumlah yang sama. Pijat minyak dengan lembut pada kulit dan biarkan selama setidaknya setengah jam. Mengoleskan minyak kelapa setelah mandi membuat kulit tetap lembut dan bebas masalah, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Cuka apel

Sifat antijamur dan antibakteri bersama dengan mineral tingkat tinggi terutama kalium menjadikan cuka apel sebagai pilihan populer untuk pengobatan alergi kulit. Cuka apel membantu untuk detoksifikasi tubuh, menyeimbangkan tingkat pH kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat digunakan sebagai obat alergi gatal yang ampuh.

Campur cuka apel dan air dalam jumlah yang sama dan oleskan ke kulit dengan kapas. Anda dapat memasukkan campuran ini ke dalam botol semprot dan menyemprotkan ke area yang terkena 2-3 kali sehari sampai alergi kulit hilang.

Untuk kulit sensitif Anda juga dapat menambahkan 1-2 cangkir cuka apel ke dalam air mandi suam-suam kuku. Berendamlah dalam air ini selama sekitar 20-30 menit. Ini sangat membantu dalam mengobati kasus dermatitis yang parah

Cuka dari sari apel juga sangat efektif bila diminum secara oral. Encerkan 1 sendok makan cuka apel dalam secangkir air dan minum ini dua kali sehari. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu untuk meningkatkan rasanya.

Baca juga : Sembuh dari Alergi Setelah Terapi Ozon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright protected.You cannot copy content of this page

Ozone Therapy by Mr.Chai