Si Manis Kurma, Amankah Untuk Penderita Diabetes?

Best Ozone Therapy in Bali

Si Manis Kurma, Amankah Untuk Penderita Diabetes?

Kurma adalah buah manis dan memiliki tekstur berserat yang berasal dari pohon kurma. Kurma biasanya dijual sebagai buah kering dan dinikmati sendiri atau dalam smoothie, makanan penutup, dan hidangan lainnya. Karena rasa manis alaminya, dampak konsumsi buah ini terhadap gula darah mungkin menjadi perhatian bagi penderita diabetes.

Dalam artikel ini, Chai Natural Clinic akan mengeksplorasi apakah penderita diabetes dapat dengan aman makan kurma.

Penderita Diabetes Perlu Berhati-Hati Mengonsumsi Kurma

Di lidah, kurma memberikan rasa manis yang menyenangkan, bahkan dalam beberapa jenis, manis yang dirasakan seolah-olah melebihi rasa manis yang dihasilkan oleh gula. Rasa manis ini berasal dari fruktosa alami, jenis gula yang ditemukan dalam buah.

Menjaga kadar gula darah dapat menjadi tantangan untuk penderita diabetes, dan mereka yang memiliki penyakti gula darah ini biasanya disarankan untuk sadar akan asupan karbohidrat mereka. Setiap kurma kering (sekitar 24 gram) mengandung 67 kalori dan kira-kira 18 gram karbohidrat, Mengingat kandungan karbohidratnya yang tinggi, sangatlah wajar jika para penderita diabetes khawatir jika ingin mengonsumsi buah yang identik dengan bulan puasa ini.

kurma untuk diabetes

Namun, jika dimakan dalam jumlah sedang, buah ini bisa menjadi bagian dari diet sehat jika Anda menderita diabetes. Satu buah kurma kering mengandung hampir 2 gram serat, atau 8% dari Nilai Harian.

Ini penting, karena serat makanan membantu tubuh untuk menyerap karbohidrat lebih lambat, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Semakin lambat karbohidrat dicerna, semakin kecil kemungkinan gula darah melonjak setelah makan

Kurma & Gula Darah : Musuh Atau Rekan?

Indeks glikemik (GI) adalah cara untuk mengukur efek karbohidrat pada kadar gula darah Anda (5Trusted Source). Ini diukur pada skala 0 hingga 100, dengan glukosa murni (gula) ditetapkan sebagai 100 – gula darah tertinggi dapat meningkat setelah makan dengan makanan tertentu.

Dengan kata lain, semakin rendah indeks glikemiknya semakin rendah pula dampak fluktuasi gula darah dan kadar insulin. Sebaliknya,,makanan dengan GI tinggi dengan cepat meningkatkan gula darah

Penderita diabetes umumnya harus mencoba untuk mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Ini membantu mereka untuk mengelola kadar gula darah. Pada mereka dengan diabetes tipe 2, gula dapat menumpuk di aliran darah dan naik ke tingkat yang sangat tinggi.

Untungnya, meskipun manis, kurma memiliki GI yang rendah. Ini berarti, jika dimakan dalam jumlah sedang, mereka aman untuk penderita diabetes.

Satu studi meneliti GI 1,8 ons (50 gram) dari 5 varietas kurma yang umum. Ditemukan bahwa mereka umumnya memiliki GI rendah, antara 44 dan 53, yang mungkin sedikit berbeda tergantung pada jenis kurmanya. Jika Anda menderita diabetes, usahakan untuk makan tidak lebih dari 1 atau 2 kurma sekaligus. Memakannya bersama sumber protein – seperti segenggam kacang almond misalnya– juga memungkinkan karbohidratnya dicerna sedikit lebih lambat, yang selanjutnya membantu mencegah lonjakan gula darah. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Pubmed, seseorang dengan diabetes yang mengonsumsi kurma Medjool menunjukkan bahwa penderita diabetes tersebut tidak mengalami lonjakan gula darah setelah makan yang setara dengan 7-10 butir. Namun, para peneliti mencatat bahwa buah-buahan ini kaya akan kalori, dengan 100 gram (g) daging buah ini mengandung sekitar 314 kalori.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penderita diabetes aman untuk mengonsumsi kurma selama dalam batas normal.

Baca juga : Tips & Informasi Mengelola Diabetes

Manfaat Kurma Untuk Diabetes

Kurma kaya akan berbagai nutrisi, termasuk magnesium dan potasium. Mereka juga merupakan sumber serat, karbohidrat, dan antioksidan yang baik. Banyak penelitian telah menyelidiki efek obat dan nutrisi mereka. Beberapa nutrisi dan senyawa dalam kurma dapat bermanfaat bagi penderita diabetes dan resistensi insulin.

Serat

Serat makanan membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga membantu mencegah lonjakan gula darah. Studi telah menemukan bahwa risiko diabetes menjadi lebih rendah di antara orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak serat dalam makanan mereka.

Serat makanan juga membantu memberi makan bakteri usus yang bermanfaat bagi seseorang, yang merupakan bagian penting dari kesehatan seseorang.

Magnesium

Penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 2 sering kali memiliki kadar magnesium yang rendah dalam tubuh. Asupan magnesium dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Ini juga berperan dalam pengaturan tekanan darah, yang penting bagi mereka yang menderita diabetes. Ini karena mereka yang memiliki kondisi tersebut memiliki risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi.

Kalium

Setiap porsi dua kurma mengandung 334 mg potasium. Ini setara dengan hampir 10% dari RDA pria dewasa dan hampir 13% dari wanita. Studi telah menemukan bahwa orang dengan kadar kalium rendah cenderung memiliki kadar insulin dan glukosa yang tinggi pada mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan lainnya. Ini adalah penanda diabetes. Selain itu, kalium adalah nutrisi penting untuk pengaturan tekanan darah.

Antioksidan

Kurma mengandung antioksidan kuat yang mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes. Mereka tinggi dalam polifenol, yang dapat mengurangi peradangan di tubuh.

Peradangan mungkin berperan dalam diabetes tipe 1 dan tipe 2 dan gangguan metabolisme terkait, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.

Fitoestrogen

Fitoestrogen adalah zat alami yang mungkin memiliki efek serupa di tubuh dengan hormon estrogen. Buah ini memiliki kandungan fitoestrogen tertinggi kedua dari buah apa pun.

Bukti baru menunjukkan bahwa fitoestrogen makanan mungkin bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes dan obesitas dengan membantu meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi resistensi insulin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright protected.You cannot copy content of this page

Ozone Therapy by Mr.Chai