Penyakit Autoimun, Ada Harapan Sembuh Atau Tidak?

Best Ozone Therapy in Bali

Penyakit Autoimun, Ada Harapan Sembuh Atau Tidak?

konsutlasi autoimun dengan dokter

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem pertahanan alami tubuh tidak dapat membedakan antara sel Anda sendiri dan sel asing, menyebabkan tubuh secara keliru menyerang sel normal. Ada lebih dari 80 jenis penyakit autoimun yang mempengaruhi berbagai bagian tubuh.

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun

Menanggapi pemicu yang tidak diketahui, sistem kekebalan mungkin mulai memproduksi antibodi yang alih-alih melawan infeksi, menyerang jaringan tubuh sendiri. Pengobatan untuk penyakit autoimun umumnya berfokus pada pengurangan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Contohnya:

  • Artritis reumatoid. Sistem kekebalan menghasilkan antibodi yang menempel pada lapisan sendi. Sel-sel sistem kekebalan kemudian menyerang persendian, menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan nyeri. Jika tidak diobati, rheumatoid arthritis menyebabkan secara bertahap menyebabkan kerusakan sendi permanen. Perawatan untuk rheumatoid arthritis dapat mencakup berbagai obat oral atau suntik yang mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh yang berlebihan. Lihat grafik yang mencantumkan obat rheumatoid arthritis dan efek sampingnya.
gambar penyakit autoimun 
juga dapat menyerang sendi
  • Lupus eritematosus sistemik (lupus). Orang dengan lupus mengembangkan antibodi autoimun yang dapat menempel pada jaringan di seluruh tubuh. Sendi, paru-paru, sel darah, saraf, dan ginjal biasanya terkena lupus. Pengobatan sering membutuhkan prednison oral setiap hari, steroid yang mengurangi fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Penyakit radang usus (IBD). Sistem kekebalan menyerang lapisan usus, menyebabkan episode diare, pendarahan dubur, buang air besar yang mendesak, sakit perut, demam, dan penurunan berat badan.
  • Sklerosis multipel (MS). Sistem kekebalan menyerang sel-sel saraf, menyebabkan gejala yang dapat mencakup rasa sakit, kebutaan, kelemahan, koordinasi yang buruk, dan kejang otot.

Anda Mungkin Berisiko Menderita Autoimun

Para peneliti tidak tahu apa yang menyebabkan penyakit autoimun, tetapi beberapa teori menunjukkan sistem kekebalan yang terlalu aktif menyerang tubuh setelah infeksi atau cedera. Kita tahu bahwa faktor risiko tertentu meningkatkan kemungkinan mengembangkan gangguan autoimun, termasuk;

  • Genetika: Gangguan tertentu seperti lupus dan multiple sclerosis (MS) cenderung diturunkan dalam keluarga. Memiliki kerabat dengan penyakit autoimun meningkatkan risiko Anda, tetapi itu tidak berarti Anda akan mengembangkan penyakit tertentu.
  • Berat badan: Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena rheumatoid arthritis atau psoriatic arthritis. Ini bisa jadi karena lebih banyak berat badan memberi tekanan lebih besar pada persendian atau karena jaringan lemak membuat zat yang mendorong peradangan.
  • Merokok: Penelitian telah mengaitkan merokok dengan sejumlah penyakit autoimun, termasuk lupus, rheumatoid arthritis, hipertiroidisme, dan MS.
  • Obat-obatan tertentu: Obat tekanan darah atau antibiotik tertentu dapat memicu lupus yang diinduksi obat, yang seringkali merupakan bentuk lupus yang ringan. Obat khusus yang digunakan untuk menurunkan kolesterol, yang disebut statin, dapat memicu miopati yang diinduksi statin. Miopati adalah penyakit autoimun langka yang menyebabkan kelemahan otot. Namun, sebelum memulai atau menghentikan obat apa pun, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda.

Bisakah Saya Sembuh dari Autoimun?

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit autoimun.

Namun Anda tidak perlu berkecil hati, dengan usaha yang tepat penyakit ini bisa dikendalikan dan diringankan gejalanya. Terdapat jenis obat-obatan tertentu yang bisa dikonsumsi agar Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Sebagai contoh, pengobatan untuk rheumatoid arthritis dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  • Mengonsumsi obat untuk menghilangkan gejala seperti obat pereda nyeri
  • Mengonsumsi obat untuk memengaruhi atau memperlambat perjalanan penyakit seperti methotrexate, azatioprin, dan lainnya

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Autoimun

Cara untuk mencegah terjadinya autoimun dimulai dari gaya hidup yang sehat. Sebagai penderita autoimun, ada beberapa bahan makanan yang harus dihindari. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita autoimun:

Gluten

Gluten adalah bahan makanan yang mengandung tepung. Gluten dapat ditemukan dalam jenis makanan seperti pasta, sereal, mi instan, gandum, berbagai macam kue dan biskuit yang terbuat dari tepung. Jika terus dipaksa mengonsumsi, hal ini dapat memicu kebocoran pada usus. Dampaknya, akan menyebabkan peradangan dan dapat memperburuk kondisi penderita autoimun.

Terlalu Banyak Glukosa

Makanan yang mengandung gula atau glukos terlalu tinggi, dapat berdampak fatal pada penderita auto imun. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika mengatakan bahwa semua jenis gula dapat merusak fungsi dari sistem imun tubuh dan menghambat sel darah putih untuk melawan sel-sel jahat dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi gula juga akan memperparah penderita diabetes tipe 1.

Terlalu Sering Memakan Daging

Makanan terakhir yang harus dihindari oleh penderita autoimun adalah daging-dagingan atau sumber protein lainnya. Banyak ditemukan, protein hewani yang dikonsumsi oleh penderita autoimun akan menyebabkan peradangan dan memperburuk kondisi penderita. Hal ini juga dibenarkan oleh riset di America yang menunjukkan bahwa makanan hewani tinggi lemak akan meingkatkan peradangan.

Anda ingin berkonsultasi seputar kesehatan anda dengan gratis? Silakan menghubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright protected.You cannot copy content of this page

Ozone Therapy by Mr.Chai